Rabu, 14 Juli 2021

GAMBARAN UMUM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN


        

   Secara bahasa media didefinisikan dengan beberapa kata dalam berbagai bahasa yang memiliki arti yang sama yakni ditengah  oleh karenanya secara istilah media pembelajaran diartikan sebagai penghhubung yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari sumber secara terencana, sistematis sehingga mampu menciptakan kodisi belajar yang kondusif sehingga membuat peserta didik dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan efektif dan efisien. Pada intinya proses pembelajaran tidak berbeda dengan proses komunikasi, guru bertindak sebagai pembawa pesan dan menyampaikannya kepada peserta didik baik secara lisan maupun tulisan yang didalamnya berisi materi pokok ajaran dalam bentuk tertentu.  Selain sebagai penghubung dalam proses pembelajaran, media pembelajaran memiliki peran lain yakni, sebagai alat bantu yang efektif. Proses pembelajaran memiliki unsur tujuan, bahan, metode, dan alat, serta evaluasi. Keempat unsur itu saling menunjang antara satu dengan lainnya. Metode dan media merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan dari unsur pembelajaran yang lain. Metode dan alat atau media pembelajaran berfungsi untuk menyampaikan materi pelajaran agar sampai kepada tujuan.

Artinya media pembelajaran memiliki peran yang sangan penting dalam proses pembelajaran, semakin sempurna sebuah metode pembelajaran semakin tinggi pula kebutuhan akan media pembelajaran untuk menunjang keefektifan dan efisiensi aplikasi metode pembelajaran selama proses belajar mengajar. Sehingga tidak heran kalau beberapa orang sering mensetarakan urgenitas antara media dan metode pembelajaran sebab keduanya harus bisa berintegrasi guna menciptaka pembelajaran yang optimal efektif dan efisien. Oleh karenanya perlu kita mengetahui kedudukan dan fungsi media pembelajaran sebagai berikut:

1. Fungsu media Pembelajaran sebagai sumber belajar

Media memiliki makna sebagai penyampai, penyalur atau penghubung sehingga media dianggap memiliki tugas utama sebagai sumber belajar disamping fungsi – fungsi yang lain.

2. Fungsi Semantik

Yakni kemampuan media dalam menambah perbendaharaan kata (simbol verbal) yang makna atau maksudnya benar-benar dipahami anak didik (tidak verbalistik).

3. Fungsi Manipulatif

media memiliki dua kemampuan, yakni mengatasi batas-batas ruang dan waktu dan mengatasi keterbatasan inderawi. Berangkat dari dua kemampuan ini sehingga media dianggap memiliki fungsi manipulative

4. Fungsi Psikologis

Fungsi atensi

Fungsi afektif

Fungsi kognitif

Fungsi imajinatif

Fungsi motivasi

5. Fungsi Sosio kultural

Media pembelajaran dapat memberikan pengalaman yang belum dimiliki oleh peserta didik, maksudnya peserta didik tentunya memiliki keterbatasan dalam pengalaman terkait suatu pembelajaran dengan hadirnya media sekat – sekat keterbatasan itu tidak akan lagi menjadi penghalang

Beberapa pendapat mengatakan bahwa panca indra merupakan gerbang dari sebuah pengetahuan,  sebab dengan intensitas pengalaman yang didapati panca indra sehingga manusia bisa memperoleh suatu ilmu pengetahuan. Berangkat dari hal inilah maka media pembelajran dijeniskan berdasar pada kualifikasi panca indra yang dimiliki oleh manusia. Sebagai contoh sebuah media pembelajaran yang melibatkan indra pendengaran maka kita sebut sebagai media pembelajaran Audio, yang melibatkan penglihatan kita sebut Visual, maka yang melibatkan keduanya sering kita sebut dengan istilah Audio Visual dan jika suatu media melibatkan banyak panca indra maka sering kita sebut dengan istilah Muti Media.

Seiring meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang pada dasarnya dapat memudahkan kehidupan manusia dalam segala aspek. Termasuk mempermudah proses belajar mengajar disekolah, kaitannya dengan media pembelajaran telah terdapat media pembelajaran dengan Kecepatan Informasi, di mana peristiwa atau kejadian di lapangan bisa langsung diupload dalam hitungan detik atau menit tidak seperti media cetak, kemudian Dapat Berinteraksi Dengan Audiens (fungsi interaktif) karena mempunyai fitur email, chat, survey, kolom komentar, dan lain-lain, yang berfungsi sebagai cara berinteraksi dengan audiens; media ini dikenal dengan istilah Media Pembelajaran Online. Media ini merupakan media yang paling mutakhir dewasa ini sebab apa saja bisa kita terapkan dalam media ini tergantung kebutuhan dan kemampuan kita dalam mengoperasikannya. Namun dalam melakukan pemilihan media pembelajaran ada hal hal yang perlu kita perhatikan, yakni Kompetensi Dasar dari sebuah pembelajran, Karakteristik dan kesesuaian Materi Pembelajaran dengan media, kemudian familiaritas guru dan siswa terhadap media pembelajaran. Dengan mempertimbangkan beberapa hal diatas diharapkan pembelajaran dapat dilakukan secara optimal dan memiliki hasil yang maksimanl juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latar Belakang Kewajiban Zakat Fitrah dalam Bentuk Makanan Pokok

  Zakat fitrah, atau zakat al-fitr, adalah salah satu dari kewajiban yang ditetapkan dalam Islam bagi setiap Muslim menjelang akhir bulan Ra...