Rabu, 05 Oktober 2022

CONTOH SOAL UTS PAI SEMESTER 1 KELAS 2

 

A. pilihlah jawaban yang benar

1. Nabi Muhammad sangat terkenal dengan kejujurannya sehingga mendapat julukan…

a. Al-Amin*

b. As-Shiddiq

c. As-Sunnah

2. Kejujuran akan mengantarkan seseorang kepada kebaikan dan kebaikan akan mengantarkan seseorang ke…

a. Neraka

b. Surga*

c. Sekolah

3. Ayu baru saja menemukan pensil kepunyaan Nabila. Sikap yang harus Ayu lakukan adalah…

a. Menyimpan pensil tersebut

b. Membuang pensil karena tidak bermanfaat

c. Mengembalikan pensil kepada Nabila*

4. Kita wajib berperilaku jujur dan dilarang untuk berbohong. Lawan kata jujur adalah…

a. Dusta*

b. Amanah

c. Baik

5. Selain jujur dalam perkataan, kita juga wajib jujur dalam…

a. Keterpaksaan

b. Tindakan atau perbuatan*

c. meraih keuntungan

6. Tiara sering berbohong kepada teman di sekolah, akibatnya…

a. Tiara disenangi oleh teman-teman

b. Tiara disayang oleh guru

c. Tiara dijauhi oleh teman-teman*

7. Jika berbuat salah kita seharusnya…

a. Mengakui kesalahan

b. Mengakui kesalahan dan meminta maaf*

c. Diam saja

8. Qul’audzubirobbinnaas. Kalimat tersebut adalah bagian dari Surah?

a. Al-Fatihah

b. An-Naas*

c. Al-Ikhlas

9. Surah An-Naas berjumlah berapa ayat?

a. Empat

b. Lima

c. Enam*

10. Selain dengan setan, kita juga wajib berlindung kepada Allah dari kejahatan…

a. Jin

b. Manusia

c. Jin dan manusia*

11. ‘Audzubillahiminassyaitonirrojim yaitu bacaan berlindung kepada Allah dari…

a. Manusia yang jahat

b. Setan yang terkutuk*

c. Jin yang tidak tampak

12. Nabila sedang sakit dan sebentar lagi dia akan minum obat. Hal yang sebaiknya dilakukan Nabila sebelum minum obat adalah…

a. Minum air putih dua gelas

b. Membaca bismillah dan berdoa kepada Allah agar diberi kesembuhan*

c. Membuang obatnya karena pahit

13. Membaca huruf hijaiyah yang benar itu dari sebelah…

a. Kanan*

b. Kiri

c. Tengah

14. Tanda bacaan pada huruf hijaiyah yang berbentuk huruf wau kecil dan letaknya di atas disebut…

a. Dommah*

b. Kasrah

c. Fathah

15. Allah tidak hanya menciptakan manusia melainkan juga…

a. Hewan

b. Langit

c. Langit, bumi, dan segala isinya*

16. Atas kehendak Allah maka kita ada. Atas kehendak Allah pula bumi ini ada. Itu artinya Allah Maha…

a. Pengasih

b. Penyayang

c. Pencipta*

17. Al-Khaliq artinya…

a. Allah Maha Pencipta*

b. Allah Maha Pemaaf

c. Allah Maha Merajai

18. Makhluk artinya…

a. Segala sesuatu yang diciptakan Allah*

b. Manusia saja

c. Hewan saja

19. Terhadap makhluk ciptaan Allah seperti pohon-pohon dalam hutan kita wajib untuk…

a. Menjaga dan merawatnya*

b. Menebangnya

c. Membakar hutan

20. Setiap hari kita melihat matahari terbit dan tenggelam. Hal itu adalah wujud dari…

a. Matahari bergerak sendiri sesukanya

b. Matahari akan selalu terbit dan terbenam

c. Allah Maha Mengatur matahari dan makhluk lainnya*

SOAL PTS PAI SD KELAS 2 BAGIAN ESAI

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat dan benar!

1. Kepada siapa sajakah kita harus berperilaku jujur?

2. Jujur adalah……….dan………….akan mengantarkan kita ke ……….

3. Ujian tanpa menyontek adalah contoh perilaku jujur kepada….

4. Mendapatkan banyak teman adalah salah satu manfaat dari perilaku…

5. Surah An-Naas berisikan pesan supaya kita berlindung dari kejahatan….dan…..




Contoh Soal UTS PAI Kelas 3 Semester 1

 

1. Membuang sampah sebaiknya di .....
A. Tempat sampah  C. Sungai
B. Halaman            D. Rumah
2. ا ت ب ي Huruf-huruf hijaiyah disamping yang bertitik dua adalah .....
A. ta dan ba   C. ya dan ta
B. kaf dan ta  D. Alif dan Ba

3. Alloh mustahil bersifat jahlun, jahlun artinya .....
A. mati     C. terpaksa
B. bodoh  D. pintar

4. Manfaat setia kawan yang benar dibawah ini adalah .....
A. dijauhi teman
B. mempunyai banyak teman
C. dibenci teman
D. dibenci Keluarga

5. Contoh bentuk kerja keras dalam belajar di bawah ini adalah .....
A. mengerjakan PR
B. menyontek
C. belajar jika ada ulangan
D. Tidur

6. Sholat fardu yang jumlah rekaatnya 3 adalah .....
A. Maghrib  C. Subuh
B. Isya       D. Dhuha

7. Waktu melaksanakan sholat subuh adalah pukul .....pagi.
A. 5  C. 8
B. 7  D. 9

8. Berikut yang termasuk ciri – ciri orang yang ikhlas, yaitu .....
A. Mudah marah kepada orang lain
B. Selalu ingin dipuji orang lain
C. Mudah memaafkan kesalahan orang lain
D. selalu ingin diperhatikan oleh orang lain

9. Kita dilarang meminta pertolongan kepada selain .....
A. Makhluk halus  C. Jin dan manusia
B. Alloh SWT       D. Malaikat Jibril

10. Berikut yang merupakan contoh perbuatan ikhlas dirumah, yaitu .....
A. Sholat tepat pada waktunya
B. Mengerjakan piket kelas
C. Rajin berpuasa senin kamis
D. Membersihkan halaman rumah karena Alloh

11. Alloh SWT adalah tempat bergantung bagi .....
A. Semua Malaikat Alloh
B. Semua makhluk Alloh
C. Semua Nabi dan Rosul Alloh
D. Semua manusia

12. Salah satu nama surat dalam Al – Qur’an adalah Al – Kautsar. Al – Kautsar artinya
A. Nikmat yang banyak
B. Nikmat yang terbatas
C. Nikmat yang terputus
D. Nikmat yang berharga

13. Surat Al – Kautsar berisi tentang perintah .....
A. Sholat dan berkurban
B. Bersedekah yang ikhlas
C. Sholat lima waktu
D. Bersyukur atas karunia Alloh SWT

14. Rasa terimakasih kepada Alloh SWT disebut .....
A. Qona’ah  C. Syukur
B. Nikmat    D. Sabar

15. Menyebut atau mengingat Alloh SWT adalah pengertian dari .....
A. Berdzikir    C. Bertaqwa
B. Beribadah  D. Beribadah

 

 

 

Isian

1.       Percaya pada kemampuan diri sendiri merupakan arti dari sikap…….

2.       Mengerjakan sesuatu dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri merupakan arti dari sikap……

3.       Mengerjakan tugas sendiri dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri merupakan contoh sikap….

4.       Anisa diminta pak guru untuk menjelaskan makna iman kepada Allah SWT didepan kelas kemudian ia dengan mantap maju kedepan, sikap yang dimiliki oleh anisa adalah sikap…..

5.       Andri menemukan uang di depan kelas kemudian ia menyerahkannya kepada pak guru, dari contoh tersebut dapat diketahui bahwa andi memiliki sikap…….. dalam dirinya

Contoh Soal UTS PAI Kelas 4 Semester 1

 

A.      Pilihan Ganda

1.      Surat Al – Falaq Memiliki arti……

a.       Waktu malam        b. Waktu senja            c. Waktu Subuh                      d. Waktu Magrib

2.      مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ merupakan potongan surat Al – Falaq ayat ke…

a.       1                b. 2                  c. 3                  d. 3

3.      ……………… وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ sambungan yang benar dari potongan ayat tersebut adalah..

a.       فِى الْعُقَدِۙ

c. اِذَا حَسَدَ

b.      اِذَا وَقَبَۙ

d. مَا خَلَقَۙ

4.      وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ arti yang benar dari ayat disamping adalah……

a.       Dari kejahattan yang dia ciptakan            c. dan dari kejahatan apabila ia dengki

b.      dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita        d. dari kejahatan siang dan malam

5.      surat Al – Falaq merupakan surat ke….. dalam Al – Qur’an

a.       113            b. 114              c. 115              d. 116

6.      Orang yang diberi wahyu oleh Allah, dan diperintahkan untuk mengajarkannya kepada seluruh umat manusia adalah pengertian dari….

a.       Rosul                     b. Nabi            c. Malaikat                  d. Jin

7.      Orang yang diberi wahyu oleh Allah, dan diperintahkan untuk mengajarkannya kepada Keluarga dan Kaumnya adalah pengertian dari….

a.       Rosul                     b. Nabi            c. Malaikat                  d. Jin

8.      Jumlah Nabi dan Rosul yang wajib di Imani oleh orang muslim adalah…..

a.       26                          b. 35                c. 25                            d. 125

9.      Dibawah ini adalah mukjizat dari nabi musa, Kecuali…….

a.       Tongkat yang bisa berubah menjadi ular              c. Mengeluarkan air dari batu

b.      Membelah lautan                                                  d. Tidak Mempan dibakar Api

10.  Salah satu Mukjizat dari nabi Ibrohim adalah……….

a.       Tongkat yang bisa berubah menjadi ular              c. Mengeluarkan air dari batu

b.      Membelah lautan                                                  d. Tidak Mempan dibakar Api

11.  Nama raja yang dzalim di zaman nabi musa adalah….

a.       Namrudj                b. Fir’aun                     c. Zeus             d. Nebula

12.  Nama Ibunda dari Nabi Musa adalah….

a.       Maryam                 b. Zainab                     c. Yukabad      d. siti aminah

13.  Untuk menyelamatkan musa dari kekejaman raja Fir’aun maka Allah SWT memerintahkan ibu nabi Musa untuk….

a.       Menyembunyikan bayi Musa                   c. Menghanyutkan Nabi Musa di sungai

b.      Mencari Penjaga Nabi Musa                     d. Membawa ke panti asuhan

14.  Nabi Yusuf a.s Memiliki saudara yang berjumlah…..

a.       12                          b. 13                c. 11                d. 14

15.  Salah satu Mukjizat dari nabi yusuf adalah…

a.       Membelah bulan               c. .tidak mempan dibakar api 

b.      . Kitab Zabur                     d. dapat meramalkan masa depan

B. Isian

1.      Apa maksud beriman kepada Allah melalui alam semesta? Jelaskan!

2.      Apa maksud beriman kepada Allah melalui kitab suci?  Jelaskan!

3.      Apa maksud beriman kepada Allah melalui asma’-Nya?  Jelaskan!

4.      Bagaimana kita bisa yakin bahwa Allah itu ada, padahal Allah tidak bisa dilihat oleh mata manusia?

5.      Apa gunanya kamu mengetahui sifat Allah itu al-Ba¡³r? Jelaskan!

6.      Berikan contoh sikap jujur yang kamu ketahui! 

2.   Bagaimana bersikap amanah itu? Jelaskan pendapatmu!

7.      Bagaimana contoh perilaku hormat dan patuh kepada orang tua? Jelaskan!

8.      Berikan contoh cara menghormati guru di sekolah!

9.      Berikan contoh perilaku santun di keluargamu?

10.  Berikan contoh cara santun kepada teman!

Senin, 30 Agustus 2021

Medsos Kunci Keberhasilan Pembelajaran Darring dimasa Pandemi


Melaksanakan tugas belajar dan mengajar dimasa pandemi Covid 19 bukanlah perkara yang mudah, sebab proses belajar mengajar semestinya memerlukan interaksi yang intens antara guru dan siswa, interaksi ini menghasilkan pengalaman belajar dari stimulus yang terus menerus diberikan oleh guru kepada siswa, masalahnya interaksi yang intens dapat menimbulkan kontak baik fisik maupun verbal antara guru dan siswa hal ini tentu saja bertentangan dengan protocol kesehatan pencegahan penyebaran COVID 19. Kontak fisik seperti berjabat tangan dan bersentuhan adalah salah satu media penularan COVID-19, karena kita tidak pernah tahu ada berapa banyak kuman, virus, maupun bakteri ditangan kita dan lawan bicara. Makanya, sebisa mungkin hindari kontak fisik secara langsung. Sebab dampak yang dihasilkan dari penularan COVID 19 ini sangat berbahaya virus corona ini bisa menyebabkan ganguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Tidak dapat dibayangkan jika penyebaran virus ini terjadi dan massif di setiap satuan pendidikan dan menyebar luas sehingga menjangkiti guru maupun siswa maka kemungkinan – kemungkinan terburuk bisa saja terjadi.

Hal tersebut membuat beberapa negara menetapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menekan penyebaran virus ini. Implikasi dari kebijakan ini membuat semua kegiatan dari bekerja hingga belajar mengajar dilakukan dari rumah. Seluruh siswa tidak lagi diperkenankan datang kesekolah karena dapat menciptakan kerumunan oleh karenanya hamper diseluruh daerah di Indonesia mulai menerapkan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online.

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Hal ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Guru dapat melakukan pembelajaran bersama diwaktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA), telegram, instagram, aplikasi zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, guru dapat memastikan siswa mengikuti pembelajaran dalam waktu yang bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda.

Jika dikaji lebih mendalam baik pembelajaran Darring (Online) maupun Luring (Offline) punya kelebihan dan kekurangan, namun disaat pandemic seperti ini guru harus bijaksana tidak mengeluh dan harus mampu melakukan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran baik Darring maupun luring, terkait dengan pembelajaran daring dewasa ini banyak pengeluhan yang muncul baik dari siswa maupun orang tua permasalahannya pembelajaran seperti ini dinilai tidak efektif dan maksimal, orang tua merasa terbebani dengan harus melaksanakan proses pembelajaran mandiri dirumah yang artinya menggantikan peran guru disekolah, sementara jika dilihat dari kualifikasi pendidikan dan pengalaman orang tua dalam melaksanakan proses pembelajaran sungguh minim, dimata orang tua guru terkesan hanya memberi tugas secara daring tanpa memberikan penjelasan yang kompleks tentang materi atau tugas yang diberikan, alhasil orang tualah yang dituntut menggantikan peran guru tersebut. Disisi lain pembelajaran daring terkesan sangat membosankan bagi siswa karena hanya berisikan tugas yang akan dilaksanakan selama satu hari atau seminggu sekali, maka tidak heran kalau beberapa siswa lebih memilih memainkan game online atau medsos ketimbang mengerjakan tugas yang sudah diberikan. Pembelajaran daring semestinya menjadi sebuah pembelajaran yang sangat menyenangkan, Pembelajaran menyenangkan merupakan suasana belajar mengajar yang dapat memusatkan perhatiannya secara penuh saat belajar sehingga curah waktu perhatiannya (time on task) tinggi. Pembelajaran menyenangkan dapat diartikan sebagai pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dengan berbagai metode yang diterapkan, sehingga saat pembelajaran berlangsung siswa tidak merasa bosan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran menyenangkan adalah suatu proses pembelajaran yang berlangsung dalam suasana yang menyenangkan dan mengesankan. Suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan akan menarik minat peserta didik untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai maksimal. Tujuan belajar adalah memperoleh dengan suatu cara yang dapat melahirkan suatu kemampuan intelektual, merangsang keingintahuan, dan memotivasi peserta didik. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran yang berkualitas dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya, metode yang digunakan (Sutrisno, 2011: 39). Untuk mendukung hal ini guru berperan sebagai fasilitator yang harus mampu merencanakan sedemikian rupa sehingga seluruh potensi peserta didik terpenuhi. Dengan demikian, indikator belajar adanya perubahan pada pengetahuan, tindakan dan perilaku seseorang yang dapat dilihat dari proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu. Kegiatan yang dilaksanakan anak dalam bentuk belajar selalu berwujud bermain, hal ini disebabkan karena bermain memang merupakan jiwa anak itu sendiri. Bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan berulangulang dan menimbulkan kesenangan/kepuasan bagi diri seseorang. Bermain juga merupakan sarana sosialisasi yang dapat memberi anak kesempatan untuk bereksplorasi, menemukan, mengekspresikan perasaan, berkreasi, dan belajar secara menyenangkan. Bermain dijadikan sebagai salah satu alat utama yang menjadi latihan untuk pertumbuhannya. Bermain dikatakan medium karena anak mencobakannya dan tidak hanya di dalam fantasinya, tetapi nyata aktivitas yang dilakukan anak (Conny R. Semiawan, 2008: 20). Merujuk dari beberapa pendapat diatas semestinya guru semestinya dapat memanfaatkan berbagai macam plafom media social dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga siswa dapat malakukan proses belajar namun kesannya memainkan plafom medsosnya, contoh guru dapat menggunakan platform video pendek tiktok dalam membuat penjelasan terkait materi pembelajaran, video penjelasan tersebut selayaknya dibuat semenarik mungkin, kemudian output / tugas dari proses pembelajran saat itu dapat dibuat siswa menggunakan platform media social yang sama, selain tiktok guru juga dapat memanfaatkan youtube, facebook, dan berbagai platform media social lainnya sehingga siswa dapat belajar namun terasa seperti bermain menggunakan media social. Selain itu guru juga harus sadar bahwa penentuan standar pembelajaran saat pandemic seperti ini haruslah dikaji ulang standarnya tidak harus sama atau setinggi dengan saat pembelajaran tatap muka, namun juga tidak terkesan hanya standar yang formalitas semata. Penggunaan media social juga seharusnya bisa semakin memudahkan dalam proses pembelajaran. Lewat sosial media, para siswa mampu secara aktif bisa lebih kreatif dan mandiri sehingga kualitas pelajaranpun bisa semakin meningkat baik dan segi pengetahuan maupun kualitas. 


Latar Belakang Kewajiban Zakat Fitrah dalam Bentuk Makanan Pokok

  Zakat fitrah, atau zakat al-fitr, adalah salah satu dari kewajiban yang ditetapkan dalam Islam bagi setiap Muslim menjelang akhir bulan Ra...