Sabtu, 28 Desember 2013

Tujuan dan Prinsip Belajar

Dalam keseluruhan kegiatan yang dilakukan di sekolah belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung bagaimana proses belajar yang dialami oleh peserta didik. menurut pengertian secara psikologis belajara merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan interaksi tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan sekitarnya, dan perubahan - perubahan tersebut akan tampak nyata dalam tingkah laku kesehariannya, dan dengan kata lain jika seorang peserta didik tidak mengalami perubahan yang bersifat tetap dan kontinu dalam tingkah laku kesehariannya terhadap lingkungan sekitar maka proses belajarnya bisa dikatakan gagal. dari sini kita bisa melihat bahwa tujuan dari proses pendidikan yang kemudian belajar sebagai proses pencapaian tujuan pendidikan bukanlah pada seberapa baik anda memperoleh nilai yang dikonfersi ke dalam angka - angka dalam laporan pendidikan, akan tetapi sejauhmana anda bisa memanfaatkan apa yang telah didapatkan sebelumnya baik itu dalam sekolah ataupun di lingkungan sekitar. beberapa penilaian seringkali bersifat subjektif, akan tetapi perubahan yang nampak pada diri anda sebagai hasil dari proses belajar adalah hal yang objektif, sejauhmana kemampuan anda akan tergambar pada tingkah laku keseharian anda dan anda bisa menilainya dengan begitu objektif.
dalam kaitannya dengan hal itu semestinya keseluruhan proses pembelajaran beserta evaluasi dari sistem pendidikan di sekolah tidak hanya merujuk pada banyaknya penghafalan sejumlah fakta di luar kepala, karena dengan demikian para peserta didik nantinya hanya akan mampu mengatakan sejumlah fakta yang ia ketahui kemudian tidak terampil di beberapa bidang dan perubahan yang terjadi hanyalah berupa bertambahnya pengetahuan tentang fakta - fakta pengetahuan tanpa ada implikasi atau implementasi terhadap diri sendiri, perilaku dalam proses pembelajaran dan evaluasi lain juga sering menempatkannya dalam proses latihan, sehingga hasil - hasil belajar akan nampak pada keterampilan - keterampilan tertentu sebagai hasil latihan, perilaku seperti ini juga selayaknya dikritisi maksud saya adalah seorang yang trampil dalam bidang tertentu jga sebaiknya harus mengetahui dan menghafalkan fakta - fakta pengetahuan semisal sejarah dan lain sebagainya sehingga bisa menjadi dasar pegangan baginya untuk mengembangkan yang sudah diketahuinya. dengan demikian semestinya duspek perilaku dalam proses pembelajaran dapat di gabungkan sesuai dengan kebutuhan yang ingin dicapai.
untuk lebih memperjelas bagaimana semestinya belajar itu ada baiknya kita mengetahui prinsip - prinsip belajar, diantaranya :
A. berdasarkan prasyarat yang diperlukan untuk belajar
1. dalam setiap belajar seorang siswa harus diusahakan partisipasi aktif, meningkatkan minat dan membimbing untuk mencapai tujuan instruksional
2. belajar harus dapat menimbulkan reinforsmen dan motivasi yang kuat pada siswa untuk mencapai tujuan instruksional
3. belajar perlu lingkungan yang menantang dimana anak dapat mengembangkan kemampuannya bereksplorasi dan belajar denga efektif.
4. belajar perlu ada interaksi siswa dengan lingkungannya
B. Sesuai Hakikat Belajar
1. belajar adalah proses kontinyu, maka harus tahap demi tahap sesuai dengan perkembangannya
2. belajar adalah proses organisasi, adaptasi, eksplorasi dan discovery.
3. belajar adalah proses kontinguitas atau berhubungan antar satu pengertian dengan pengertian yang lain sehingga mendapatkan pengertian yang diharapkan. stimulus yang di berikan mendapatkan response yang diinginkan
C. Sesuai Materi dan bahan yang Harus dipelajari
1. belajar harus bersifat keseluruhan dan sistematis
2. belajar harus dapat mengembangkan kemampuan individu sesuai dengan tujuan instruksional
D. Syarat keberhasilan Belajar
1. Belajar memerlukan sarana yang cukup agar siswa bisa belajar dengan tenang
2. perlu dilakukan evalusi berkali - kali dalam proses pembelajaran agar mendapatkan hasil yang memuaskan.
Dengan dilaksanakan proses belajar yang berkesesuaian dengan tujuan dan prinsip pembelajaran maka hasil belajar yang maksimal insyaallah bisa dicapai dengan sukses.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latar Belakang Kewajiban Zakat Fitrah dalam Bentuk Makanan Pokok

  Zakat fitrah, atau zakat al-fitr, adalah salah satu dari kewajiban yang ditetapkan dalam Islam bagi setiap Muslim menjelang akhir bulan Ra...